Faktor-Faktor Pendukung Kelahiran Identitas Nasional



Identitas nasional suatu bangsa memiliki sifat, ciri khas serta keunikan sendiri-sendiri, yang sangat ditentukan oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendukung kelahiran identitas nasional bangsa Indonesia meliputi:
1.      Faktor Objektif, yang meliputi faktor geografis-ekologis dan demografis
2.      Faktor Subjektif, yaitu faktor historis, social, politik, dan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia (Suryo, 2002)
 Menurut Robert de Ventos, dikutip Manuel Castelles dalam bukunya “The Power of Identity” (Suryo, 2002), munculnya identitas nasional suatu bangsa sebagai hasil interaksi historis ada 4 faktor penting, yaitu:
1.      Faktor primer, mencakup etnisitas, territorial, bahasa, agama, dan yang sejenisnya.
2.       Faktor pendorong, meliputi pembangunan komunikasi dan teknologi, lahirnya angkatan bersenjata modern dan pembanguanan lainnya dalam kehidupan bernegara.
3.      Faktor penarik, mencakup modifikasi bahasa dalam gramatika yang resmi, tumbuhnya birokrasi, dan pemantapan sistem pendidikan nasional
4.      Faktor reaktif, pada dasarnya tercakup dalam proses pembentukan identitas nasional bangsa Indonesia yang telah berkembang dari masa sebelum bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan dari penjajahan bangsa lain.
Yang ke-3 adalah Faktor pembentukan Identitas Bersama. Proses pembentukan bangsa- negara membutuhkan identitas-identitas untuk menyataukan masyarakat bangsa yang bersangkutan. Faktor-faktor yang diperkirakan menjadi identitas bersama suatu bangsa, yaitu:
1.      Primordial
2.      Sakral
3.      Tokoh
4.      Bhinneka Tunggal Ika
5.      Sejarah
6.       Perkembangan Ekonomi
7.      Kelembagaan




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer