4 Wisata Menarik di Turki

Tahun 2018 ini, Universitas Gunadarma jurusan Arsitektur akan mengadakan Studi Ekskursi (KLA) ke negara Turki. Negara yang terkenal dengan keindahan bangunannya yang menganut campuran antara negara Eropa dan Asia. Yuk kita simak beberapa contoh bangunan wisata di Turki!
1.Hagia Sophia
Hagia SophiaTempat wisata yang juga dengan nama Aya Sofya merupakan sebuah gedung cantik bekas masjid dan gereja yang kini dibuka sebagai museum. Melirik pada bagian arsitektur bangunan, gaya yang ditonjolkan adalah Hagia Sophia yang pembangunannya ada di tahun 532-537 yang perancangannya dilakukan oleh 2 ilmuwan Yunani. Hagia Sofia ini sebenarnya dulunya adalah sebuah gereja Orthodox sejak selesai dibangun, namun berubah fungsi yang kemudian menjadi sebuah masjid ketika Konstatinopel (kini telah berubah menjadi Istanbul) mengalami kejatuhan dan dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman yang pada waktu itu diperintah oleh Sultan Mehmed II.
  • Hagia Sophia Museum buka setiap harinya dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam pada jadwal musim panas, sedangkan untuk jadwal musim dingin museum ini buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore saja.
  • Pengunjung dikenakan tiket masuk dengan biaya sebesar 30 TL atau sekitar Rp 135 ribu.

2. Blue Mosque (Masjid Biru)

Blue Mosque (Masjid Biru)Sebetulnya ada nama lain yang menjadi sebutan bagi bangunan ini, yakni Masjid Sultan Ahmet, namun orang-orang lebih mengenalnya dengan Blue Mosque atau Masjid Biru dikarenakan hiasan dinding interior gedung masjid ini menggunakan keramik berwarna biru yang jumlahnya sampai 20 ribu keping. Pembangunan dari masjid ini adalah di tahun 1616 tepat saat Sultan Ahmed I memerintah pada waktu itu. Masjid yang menawarkan perpaduan gaya arsitektur klasik Ottoman dan Islam ini mempunyai 8 kubah sekunder dan 1 kubah utama berikut 6 menara.

  • Pengunjung tidak usah merogoh kocek berapapun ketika akan masuk ke dalam Blue Mosque.
  • Jika Anda adalah seorang pengunjung wanita, silakan menutupi bagian kepala dengan kerudung. Walau tidak membawa, ada kerudung yang disediakan di bagian pintu masuk dan tidak perlu membayar.
  • Saat berada di dalam masjid, pengunjung perlu menjaga ketenangan dan tidak menggunakan flash ketika memotret. Dilarang mengabadikan orang-orang yang tengah bersembahyang di dalam.
  • Blue Mosque ini buka setiap hari selama 24 jam sehingga jam kunjungan bisa lebih fleksibel.

3. Hippodrome

HippodromeSebagai lokasi yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat pacuan kuda pada zamannya kekaisaran Romawi, Hippodrome kini lebih dikenal sebagai sebuah taman yang bisa ditemukan saat berjalan-jalan di Istanbul. Nama lain dari Hippodrome ini adalah Sultanahmet Square dan letaknya sama sekali tidak jauh dengan obyek wisata lainnya, seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, serta Basilica Cistern.
Sebenarnya, bangunan Hippodrome lama sudah tidak eksis lagi dan yang wisatawan bisa lihat di kawasan ini hanyalah 1 pilar dan 2 obelisk.

4. Grand Bazaar

Grand BazaarBila ingin puas berbelanja di tempat yang tepat di Turki, ada Grand Bazaar yang merupakan sebuah pasar paling tua dan paling besar nomor 1 di dunia, yang berarti juga di Istanbul. Jika Anda mencoba datang ke kawasan Kapalicarsi, pusat perbelanjaan ini tepatnya ada di Distrik Fatih. Dibangun di tahun 1455 sebentar sesudah kejatuhan Istanbul di tangan kuasa Ottoman Turki, Grand Bazaar ini justru makin maju dan luas saja. Terdapat sekitar 4.400 gerai lebih di pasar ini dan ada 61 jalan yang tercakup oleh Grand Bazaar.

  • Grand Bazaar buka setiap hari Minggu dari jam setengah 9 pagi sampai 7 malam.
  • Pengunjung tidak akan perlu mengeluarkan biaya apapun untuk bisa masuk.

Komentar

Postingan Populer