KURANG EFEKTIFNYA STASIUN BEKASI





            Stasiun Bekasi Kota adalah salah satu stasiun terbesar di Bekasi. Terletak di Jl. H. Juanda, Kota Bekasi. Sebagai stasiun yang terletak di lintas komuter Jabodetabek, stasiun ini setiap harinya melayani ribuan penumpang komuter dengan tujuan Jakarta maupun ke arah timur (Cikampek sampai Purwakarta), baik menggunakan KRL maupun KRD. Di sebelah barat stasiun ini terdapat sebuah dipo yang digunakan untuk menyimpan armada KRL yang baru selesai digunakan.
           


                        Dalam segi pencapaian, Stasiun Bekasi terbilang cukup strategis. Karena dilewati angkutan umum dan bus kecil untuk ke daerah Tambun dan sekitarnya.
            Sebagai stasiun yang terletak dijalur utama KA Jawa antara Jakarta – Surabaya, Stasiun Bekasi masih dikatakan kurang efektif untuk jalur sirkulasi pengujungnya. Lonjakan pengunjung yang datang setiap harinya membuat stasiun ini penuh sesak. Pengunjung yang banyak, lebar peron yang kurang mencukupi, membuat para penumpang KRL harus rela menunggu kereta dengan berdesak desakan.




            Jalur penyebrangan pengunjung yang masih melewati rel kereta api, sangat membahayakan penumpang kereta. Banyaknya kereta yang lewat di stasiun ini, menghambat pergerakan pengunjung untuk menyebrang. Ditambah lagi, KA Jawa yang berhenti di stasiun ini membuat calon penumpang KA Jawa juga dapat naik atau turun di Stasiun bekasi dan menambah kesibukkan dari stasiun ini.


            Sebagai stasiun yang sibuk karena padatnya kereta api yang masuk ke stasiun ini, seharusnya jalur pengunjung atau calon penumpang dinaikkan keatas. Sehingga tidak berbahaya, dan tidak menghambat sirkulasi penumpang untuk menyebrang antar peron. Atau jalur sirkulasi pengunjung dipindahkan ke bwaha tanah, seperti yang sudah diterapkan di Singapura. Sehingga, jauh lebih aman untuk pengunjung bergerak atau berpindah antar peron di Stasiun Bekasi.

Komentar

Postingan Populer