PENGERTIAN PANCASILA SEBAGAI SISTEM



Sebelum kita mengetahui apa itu pancasila sebagai sistem, ada baiknya kita mengetahui arti dari sistem itu sendiri terlebih dahulu.

 Sistem adalah bekerjanya masing-masing unsure atau elemen yang berbeda dalam suatu kelompok dimana yang satu dan yang lainya saling terkait dan saling bergantungan untuk mencapai tujuan tertentu demi mencapai kesuksesan bersama. Misalkan, motor sebagai sebuah sistem. Yang didalamnya terdapat unsur-unsur yang saling terikat untuk mejalankan suatu sistem. Unsur tersebut adalah velg, ban, mesin, dll.  Jika salah satunya tidak berfungsi dengan baik, misalya ban yang kempis, maka motor tersebut tetap bisa berjalan, tetapi jalannya tidak normal seperti biasanya. Dari permisalan ini, kita dapat lihat betapa pentingnya suatu unsur yang dapat membantu kerjanya suatu sistem.
Pancasila sebagai suatu sistem, mempunyai unsur-unsur yang berbeda, ini terbukti dari setiap sila-sila nya yang berbeda makna, namun tetap saling terkait untuk menjalankan Pancasila tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, Pancasila sudah diatur sedemikian rupa sehingga membentuk suatu susunan yang teratur dan tidak bisa dibolak balik. Dalam sila pancasila memiliki suatu makna yang beruntun. Artinya, sila pertama lebih luas makanya sehinga menjiwai sila-sila dibawahnya. Itulah makna pancasila sebagai suatu system.

Komentar

Postingan Populer